ina$87

My Article

Marah yaitu Perasaan hati seseorang yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Tapi pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda sedikit solusi untuk mengendalikan rasa marah.

Cara Mengendalikan Rasa Marah

  1. Time Out

(Berhenti sebentar kalau kamu merasa lebih marah dari seharusnya).

  1. Tarik Napas Kesadaran Satu

(Atura cara menghirup udara pelan-pelan dari hidung,lalu mengeluarkannya secara perlahan melalui mulut).

  1. Tarik Napas Kesardaran Kedua

(Bernapas dengan cepat,pendek-pendek,melaului mulut).

  1. Seberapa Pentingkah Ini

(Terus bayangkan gambar besar dalam benakmu, apakah lima tahun mendatang ini masih ada gunanya?)

  1. Tukar Peran

(Bayangkan dirimu menjadi pihak lawan dan cobalah untuk sejenak memandang masalah itu dari kaca mata lawan).

  1. Pikiran Realitas

(Apakah respon kemarahan kamu lebih besar daripada yang sepantasnya?Adakah hal ini lain yang mengganggu, sampai-sampai reaksi kamu berlebihan pada situasi ini?)

  1. Lihat Beberapa Pilihan

(Cobalah,jangan sampi kamu terjebak dalam pikiran defensif dan kaku, tentan keharusan hasil akhir dari konflik ini.Jauhkan diri dari sikap tempur, kabur, diam.

  1. Hadapi Konflik Kecil

(Hidup nggak bebas dari konflik.Tunggu konflik dan belajr bagaimana menghadapinya secara efektif,daripada bereakasi berlebihan atau langsung melupaknnya).

  1. Jangan Sampai Kamu Hancur oleh Rasa Marah

(Kalau kamu hanyut dalam reaksi berlebihan , situasi adan tambah buruk).

  1. Jangan Terjebak dalam Sikap Menyalahkan Terus

(Terus-menerus menyalahkan orang lain Cuma akan membuat kita terjebak dan macet di satu titik).

  1. Hindari Sikap Bak Korban

(Kamu mungkin merasa jadi korban.Tapi,cobalah untuk tidak terus-menurus melihat diri kita sebagai korban.Kamu bisa menjatuhkan pilihan dan kamu punya kekuatan pribadi.

MENCEGAH RASA MARAH SEBELUM TERJADI

  1. Lakukan Meditasi

(Dengan meditasi harian,pikiran kita bisa “istirahat’dan memperdalam rasa spiritual kamu).

  1. Santai

(Melalui ralaksasi harian, pernapasan kita bisa jadi teratur, dan menyeimbangkan sistem saraf kita.

  1. Gizi yang baik

(Dengan makan makanan sehat, kita medapatkan bahan bakar cukup untik tenga kita. Hindari makanan yang membuat sistem pencernaan kita kacau.

  1. Berpikir positif

( Pikiran positif mempengaruhi keseluruhan suasan hati kita, bahkan juga kesehatan kita).

  1. Bermain

(Dengan bermain kita jadi kreatif,santai,tertawa,dan kembali segar).

  1. Istirahat/ Tidur

(Tidur nyenyak dan tidur REM (Rapid Eye Movement) memberi kesempatan bahgi tubuh kita untuk “membersihkan diri”).

  1. Olahraga

( Olahraga adalah penurang stres tebesar . Olahrang menghsilkan zat kimiawi penyebab perasaan baik yang menyengakan dalam tubuh kita, yang bisa mengalahkan rasa marah).

  1. Nikmati Hubungan yang Akrab

(Hubungan yang akrab dan saling mendukung, serta sentuhan rasa persaudaraan, menghasilkan ramuan kimiawi yang menyatukan dan menenangkan kita. Kita semua memerlukan ini untuk mengurangi perasaan kesepian serta untuk menenangkan diri).

  1. Minatilah suatu kegiatan

(Jadilah seorang peserta dan kotributor. Carilah cara yang konstruktif, kreatif dan /atau menantang, agar energimu tersalur ke arah yang positif.

  1. Sikap

(Putar kembali sebuah situasi secara berulang-ulang dalam pikiranmu,lihatlah dari berbagai sudut dan arah, sampai kamu bisa menemukan hikmah di baliknya).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Calendar

Desember 2016
S S R K J S M
« Okt    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Komentar Terbaru

Mr WordPress di Hello world!

Blog Stats

  • 27,413 hits

Klik tertinggi

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: